HIMPUNAN MAHASISWA (HIMA) FAKULTAS AGAMA ISLAM UNDARIS IKUT SERTA DALAM HAJATAN BESAR YANG DISELENGGARAKAN OLEH KEMENTERIAN DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL DAN TRANSMIGRASI (KEMDES PDT DAN TRANS) DI ALUN-ALUN KOTA DEMAK

Himpunan Mahasiswa (HIMA) Fakultas Agama Islam UNDARIS ikut andil dalam sebuah pagelaran akbar yang dihelat di alun alun Kota Demak.  Pameran Potensi Desa 2015 itu terdiri sekitar 52 tenda yang dipenuhi dengan aneka produk unggulan desa pada hari Jum’at 6 November 2015.

Gelaran tersebut merupakan hajatan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang tengah menyelenggarakan roadshow dalam upaya sosialisasi program Kementerian dan potensi desa yang menjadi fokus garapan Kementerian baru ini. Hajatan tersebut berupa kegiatan pameran yang diikuti oleh unit kerja Kementerian dan Kabupaten di seluruh indonesia, mitra Kementerian dan UMKM.
Sebelumnya UNDARIS juga terpilih sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang dipercaya untuk mengadakan acara seminar Kemendes PDT dan Trans dan wirausaha di provinsi jawa tengah. Ibu Rektor UNDARIS memberikan apresiasi yang sangat bagus terkait dengan progam-progam Kementerian yang baru ini, karena dengan adanya kerja sama tersebut bisa saling bertukar pengetahuan tentang potensi-potensi desa khususnya untuk para mahasiswa yang siap berwirausaha.

Pameran potensi desa yang diadakan di Demak merupakan rangkaian acara ke-5 dari enam kegiatan serupa yang diadakan di enam Kabupaten. Empat Kabupaten sebelumnya adalah Bondowoso jawa timur, Banyuasin Sumatera Selatan, Maros Sulawesi Selatan dan Cianjur Jawa Barat.

"Harapan kami mengikuti pameran ini adalah sebagai bentuk pengenalan UNDARIS kepada masyarakat luas khususnya di provinsi Jawa Tengah, bahwa kami adalah mahasiswa yang dididik bukan hanya sekedar untuk mendapatkan ilmu pengetahuan saja, namun kami juga untuk berpengalaman dalam segala bidang termasuk wirausaha seperti ini " kata Muhamad Ulil Abshor selaku ketua HIMA FAI UNDARIS disela-sela pameran.

Acara pameran potensi desa ini diadakan dari hari Jum'at 6 November 2015 s.d Senin 9 November 2015. " Pameran ini merupakan ajang promosi dan sosialisasi juga sekaligus interaksi dan komunikasi dalam upaya pembangunan potensi di daerah perdesaan. Dengan strategi ini, diharapkan dapat berdampak positif pada masyarakat serta agar program Kementerian Desa PDT dan Trans ini dapat dipahami dan diterima dengan baik khususnya oleh Pemerintah Kabupaten yang akan dilanjutkan ke desa-desa dan umumnya oleh masyarakat luas” Ungkap H.Marwan Ja'far, SE.,SH.,MM.,M.Si  selaku Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada saat pembuakaan acara tersebut.


Gambar 1. Kunjungan Menteri Desa PDT dan Trans di Tenda Pameran HIMA FAI UNDARIS

HIMA FAI UNDARIS menampilkan produk baru dan terobosan memanfaatkan bahan baku yang selama ini diangap masyarakat tidak bermanfa'at yaitu Nugget Jantung Pisang. Nugget Jantung Pisang sebelumnya telah menjadi juara 1 lomba ide bisnis yang diadakan oleh Kemendesa . "Jantung Pisang menurut masyarakat memang dianggap tidak ada manfa'atnya, makanya kami punya inisiatif bagaimana mengenalkan masyarakat bahwa jantung pisang mengandung banyak gizi dan sangat bermanfaat bagi setiap manusia dewasa maupun anak-anak. Dengan nugget ini harapan kami bisa menarik konsumen dan bisa memanfaatkan barang yang selama ini tidak bermanfaat " ungkap Ulil.


Gambar 2. Nugget Jantung Pisang diminati oleh seluruh kalangan masyarakat

Peserta pameran ini  antara lain kabupaten Semarang, klaten, cilacap, banyumas, Pekalongan, Rembang, Blora, Pati, Jepara, Tegal, Brebes, Grobogan dan Kabupaten terjauh adalah Wajo dari Provinsi Sulawesi Selatan, Serta mitra dari Perbankan sperti BTN. Peserta lain yang ikut menyemarakkan acara adalah UMKM yang merupakan binaan SKPD Kabupaten Demak dan UMKM dari Kelompok Perempuan Pembina Ekonomi Perempuan (KP2EP)


Gambar 3. Dekan FAI UNDARIS, Bapak Drs. Matori, M.Pd mengunjungi tenda pameran FAI UNDARIS

Dengan Kegiatan yang melibatkan berbagai unsur tersebut maka diharapkan mampu meningkatkan aspek promosi UNDARIS dan potensi keunggulan kampus. “Secara otomatis kegiatan ini akan dipublikasikan oleh media baik secara lokal maupun nasional bahkan internasional. Karena kami menggunakan media baik konvensional printing dan elektronik maupun melalui sosial media.” Ungkap Marwan Ja'far

Back to Top