SEJARAH FAKULTAS AGAMA ISLAM

Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI (UNDARIS) didirikan oleh Yayasan UNDARIS atas Prakarsa K.H.Mansyur  Ketua Yayasan Islamic Centre Sudirman GUPPI Ambarawa bersama Dr. K.H.Mustain Romli Ketua Yayasan Darul Ulum Jombang.
Yayasan UNDARIS berusaha menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk mencetak manusia Indonesia yang berjiwa Pancasila , bertaqwa kepada Allah SWT , cerdas terampil, berbudi luhur, cinta tanah air dan bangsa serta mempunyai semangat untuk membangun.
Gagasan tersebut mendapat dukungan sepenuhnya oleh Bupati Semarang  yaitu Ir. Soesmono Martosiswoyo. Setelah dipersiapkan segala sesuatunya baik yang menyangkut perangkat keras maupun perangkat lunaknya serta sebagai pendekatan dengan instansi terkait, maka berdirilah secara resmi Universitas Darul Ulum Islamic Centre  Sudirman GUPPI (UNDARIS) dengan Surat Keputusan Kopertis  Wilayah VI Jawa Tengah Nomor : 1884/K/18/Kop.VI/X/82 tertanggal 4 Nopember 1982.
Sementara itu DPD II GUPPI Kabupaten Kudus sebagai organisasi yang berorientasi pada karya dan kekaryaan merasa terpanggil untuk berperan serta secara aktif dalam pembangunan Nasional khususnya pembangunan di bidang pendidikan dan sosial budaya.
Bahwa upaya pembangunan pendidikan Islam perlu dilakukan dengan menghimpun, membina dan mengarahkan segenap lembaga pendidikan dan sosial budaya Islam guna mengembangkan segenap potensi ummat menuju terwujudnya manusia Indonesia seutuhnya, sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional dalam bentuk penghayatan dan pengamalan Pancasila sekaligus integritas diniyah dalam wujud penghayatan dan pengamalan ajaran agama Islam.
Bahwa untuk melaksanakan sebagaimana maksud di atas maka DPD II GUPPI Kabupaten Kudus memandang perlu untuk segera mendirikan sebuah Perguruan Tinggi Islam di Kabupaten Kudus.
Selanjutnya DPD II Kabupaten Kudus  menugaskan kepada :
1. Bupati Kepala Daerah Tingkat II Kudus
2. Ketua Yayasan UNDARIS  GUPPI Kudus
3. Ketua DPD II GOLKAR Kabupaten Kudus
4. Rektor UNDARIS GUPPI Semarang
5. Perusahaan  Rokok " SUKUN" yang diwakili H.N.Mursidi
Kesimpulan dari hasil konsultasi tersebut ialah diadakan pertemuan silaturahmi kepada Bupati Kepala Daerah Tingkat II Kudus dalam acara berbuka puasa Ramadhan , pada hari Rabu tanggal 12 Romadhon 1406 Hijriyah/21 Mei 1986 Miladiyah di rumah Dinas Bupati Kepala Daerah Tingkat II Kudus, yang dihadiri oleh :
1. K.H. Mansyur Ketua I Yayasan UNDARIS GUPPI Semarang
2. Drs.H.A.Halim Lubis Rektor UNDARIS GUPPI Semarang
3. Drs. Setiawan Sadono Sekwilda Tingkat II Kudus
4. Suharto,BA Wakil Ketua DPD II GOLKAR Kabupaten Kudus
5. Drs.H.Moch Basyar Ketua DPD II GUPPI Kabupaten Kudus
6. Drs. Kussubardi Kepala Bagian Kesra PENDA Tingkat II Kudus
7. Drs. Chandiq Ketua Tim Khusus DPD II GUPPI Kabupaten Kudus
8. Drs. Syaefudin Bachri Wakil Bendahara DPD II GUPPI Kabupaten Kudus
Hasil dari konsultasi dalam silaturahmi tersebut ialah Restu Bupati Kepala Daerah Tingkat II Kudus dan kesepakatan bersama untuk mendirikan Fakultas Tarbiyah Universitas Darul Ulum Islamic Centre  Sudirman GUPPI (UNDARIS)  di Kudus Tahun Akademik 1986/1987.
Atas dasar restu Gupati Kepala Daerah Tingkat II Kudus dan Surat Keputusan DPD II GUPPI Kabupaten Kudus  Nomor ; 68/GUPPI//D.II/ V/1986, maka Rektor UNDARIS menunjuk Panitia Pendaftaran Mahasiswa Baru tahun Akademik 1986/1987 dengan Surat Keputusan Nomor. 184/D/UND/VI//86 tanggal 11 Juni 1986.
Kemudian Berdasarkan surat rekomendasi Bupati Kepala Daerah Tingkat II Kudus Nomor : 421.4/4305 tanggal 27 Juni 1986 dan Surat Keputusan Koordinator KOPERTAIS Wilayuah X Jawa Tengah Nomor : 2 tahun 1986  tanggal 20 Oktober 1986  tentang Ijin Operasional, maka Panitia Pendaftaran Mahasiswa Baru tahun Akademik 1986/1987 mulai melaksanakan tugasnya.
Selanjutnya Fakultas Tarbiyah UNDARIS Kudus diresmikan oleh Koordinator KOPERTAIS Wilayah X Jawa Tegah  Drs.H.Zarkowi Suyuthi atas nama Menteri Agama bertempat di Pendopo Kabupaten Kudus pada tanggal 13 Rabiul Awal 1407 H/ 15 Nopember 1986 M.


Back to Top