SIAPKAN GURU PAI MASA DEPAN, UNDARIS MANTAPKAN PPL DENGAN DEEP LEARNING

UNGARAN – 27 Juli 2025

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman Guppi (UNDARIS) Ungaran menyelenggarakan kegiatan pembekalan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dan Magang Mengajar bagi puluhan mahasiswa Program Sarjana Pendidikan Agama Islam (PAI). Acara penting ini berlangsung pada Sabtu, 26 Juli 2025, di Aula HM Mansyur UNDARIS Ungaran. Pembekalan ini bertujuan untuk memantapkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial mahasiswa, serta membekali mereka dengan pengalaman faktual dalam proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan di lapangan.

PPL dan magang mengajar merupakan bagian integral serta muara dari proses pendidikan jenjang S-1 PAI di UNDARIS. Kegiatan intrakurikuler ini dimaksudkan untuk memberikan bekal pengalaman praktis kepada mahasiswa mengenai pelaksanaan pengajaran maupun administrasi sekolah. Mengingat mahasiswa jurusan Tarbiyah dipersiapkan dan diproyeksikan untuk menjadi pendidik, PPL memiliki fungsi dan peranan yang sangat strategis dalam pencapaian kompetensi. Mahasiswa diharapkan tidak hanya menerapkan pengetahuan dan keterampilan akademik, tetapi juga mengintegrasikan pengalaman tersebut ke dalam pola perilaku sebagai pribadi yang efektif dan produktif.

Salah satu materi utama dalam pembekalan ini adalah “Integrasi Deep Learning dalam Perencanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka” yang disampaikan oleh Mashudi, S.Ag., M.P. selaku narasumber Guru PAI dari SMAN 02 Ungaran. Mashudi menjelaskan bahwa Deep Learning adalah pendekatan pemahaman mendalam, yang berbeda dengan surface learning karena mendorong siswa menggali esensi dari setiap materi pelajaran. Konsep ini dicanangkan oleh Mendikdasmen Abdul Mu’ti sejak tahun 2024 sebagai bagian dari visi pendidikan masa depan Indonesia. Tiga elemen utama Deep Learning meliputi Meaningful Learning (mengaitkan pengetahuan baru dengan konsep yang sudah ada), Mindful Learning (siswa aktif menyadari proses belajar), dan Joyful Learning (pembelajaran yang menyenangkan dan memotivasi). Mashudi menekankan keterkaitan erat Deep Learning dengan Kurikulum Merdeka, yang mendukung pembelajaran berbasis proyek dan penguatan Profil Pelajar Pancasila. Peserta PPL diimbau untuk mengintegrasikan pendekatan ini dalam setiap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran mereka.

Dekan FAI UNDARIS, Dr. Ida Zahara Adibah, M.S.I., turut memberikan arahan kebijakan pelaksanaan PPL dengan menggarisbawahi pentingnya program ini dalam mencetak tenaga pendidik yang berkualitas.  Selanjutnya, Aspek teknis pelaksanaan PPL dan magang mengajar, termasuk syarat, prosedur, dan tata tertib, dijelaskan secara komprehensif oleh Maulia Indana Zulfa, M.Pd.. Selain itu, Sugiyanto, S.Pd.I, M.Pd, Gr selaku narasumber Guru PAI dari SMKN 01 Bawen, membahas implementasi kurikulum PAI-BP di SMA/SMK, dengan pesan bahwa pelaksanaan PPL bagi guru PAI-BP harus bersifat formalitas, bermanfaat, dan bernilai ibadah. Materi tentang implementasi pembelajaran rumpun PAI di  di Madrasah disampaikan oleh Isnaini, S.Pd.I, M.Pd.I..

Rangkaian kegiatan PPL dan magang mengajar yang akan diikuti mahasiswa meliputi orientasi/pembekalan di kampus, observasi lingkungan sekolah, penyusunan perangkat pembelajaran, observasi pelaksanaan pembelajaran, dan pelaksanaan praktik pembelajaran terbimbing. Mahasiswa diwajibkan melaksanakan PPL dan Magang selama 8 minggu di sekolah/madrasah mitra yang telah ditunjuk oleh fakultas yakni SMA Negeri 2 Ungaran, SMK Negeri 1 Pringapus, SMK Negeri 1 Bawen, SMK Islam Sudirman Ambarawa, SMA Negeri 2 Grabag, MTS Yaspi Pakis dan MTs Yajri Payaman Magelang. Selama di sekolah mitra, mahasiswa akan diajak mengenal lingkungan, organisasi, tata tertib, serta budaya dan karakteristik sekolah. Mereka juga akan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau modul ajar sesuai Kurikulum Merdeka, mengamati kegiatan mengajar guru pamong, dan melaksanakan praktik pembelajaran terbimbing minimal enam kali pertemuan.

Kegiatan pembekalan ini diharapkan dapat membekali mahasiswa dengan nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang esensial untuk menjadi tenaga kependidikan profesional di masa depan. Dr. Ida Zahara Adibah, M.S.I., dalam pengantarnya, menyatakan harapan agar mahasiswa selalu menjaga nama baik almamater ketika nanti praktek PPL dan Magang di sekolah masing-masing. Pelaksanaan PPL dan magang mengajar adalah wujud komitmen Fakultas Agama Islam UNDARIS untuk terus beradaptasi dengan tuntutan di lapangan dan memperluas jalinan kerja sama dengan instansi terkait.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *